5 Alasan Kenapa Perusahaan Anda Butuh HRIS

Akses informasi yang mudah bagi karyawan

“Information is the new oil” berlaku merata pada seluruh bagian perusahaan termasuk karyawan. Informasi kini menjadi kebutuhan primer baik untuk kebutuhan teknis pekerjaan maupun evaluasi dari sisi HRD. Mempermudah aksesnya melalui aplikasi HRIS akan membuka berbagai kemungkinan baru yang dahulu tidak dapat dijangkau. Seperti memberikan informasi saldo cuti untuk tahun ini bagi karyawan, melihat kinerja karyawan bagi manajemen dan HRIS.

Memiliki beragam fungsi dalam satu aplikasi

HRD adalah salah satu bagian yang memiliki jejaring paling kompleks dari suatu perusahaan karena melibatkan data yang tidak sedikit serta berurusan langsung dengan insan manusia yang sangat beragam kebutuhannya. Oleh karena itu, kebutuhan sistemnya pun akan banyak dan beragam, sehingga dibutuhkan aplikasi yang memiliki beragam fungsi dalam satu pintu seperti HRIS yang melibatkan banyak fitur aplikasi HR seperti absensi, penggajian, pengajuan cuti, pengajuan klaim, dsb.

Mengontrol absensi secara online

Absensi atau presensi adalah salah satu indikator utama yang biasa digunakan untuk evaluasi performa karyawan. Sehingga pengaplikasian yang mutakhir seperti dapat dilakukan secara online akan memastikan data evaluasi yang digunakan lebih akurat karena dapat melibatkan fingerprint, geolocation, serta foto bukti. Absensi online juga menjadi kebutuhan utama dalam keadaan darurat di mana karyawan tidak dapat bekerja di kantor seperti biasanya seperti pada masa pandemi COVID-19 ini.

Kemudahan akses (gaji, cuti, lembur, dll)

Pengajuan cuti, pengajuan lembur, penggajian, dan berbagai aktivitas personalia lain dapat dilakukan pada satu aplikasi sehingga dapat disinergiskan satu sama lain melalui fitur-fitur HRIS. Hal ini tentunya memberikan kemudahan akses pada berbagai aktivitas tersebut, baik dari sisi HRD maupun dari sisi karyawan yang membutuhkan pengajuan cuti kapan pun di mana pun.

Mengikuti perkembangan zaman

Kartu ketuk untuk absensi, atau menggunakan aplikasi spreadsheet untuk mengolah data HRD memang masih dapat dilakukan dan terhitung cukup mempermudah pekerjaan pula. Namun, dalam era yang serba cepat ini, berbagai rutinitas yang menghambat tersebut sudah dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah lagi melalui aplikasi HRIS. Sangat disayangkan apabila kita tidak mengikuti perkembangan zaman, karena salah satu sifat perusahaan yang selalu kokoh berdiri serta terus berkembang adalah perusahaan yang mengikuti perkembangan zaman sehingga perusahaan tersebut dapat terus meningkatkan efektivitas kinerja perusahaannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *