Tips Sehat Pekerja Kantoran

Duduk dalam waktu yang lama bisa membuat tubuh terasa tidak nyaman. Ini juga bisa menimbulkan berbagai macam kesehatan. Mulai dari tubuh mudah lelah, lemas, berat badan naik, risiko penyakit mematikan seperti jantung dan diabetes hingga risiko punggung serta pinggang sakit.

Orang yang bekerja di kantor umumnya akan duduk lama setiap harinya. Mereka bisa duduk lebih dari 8 jam setiap harinya. Jika hal ini terus terjadi tanpa diimbangi pola hidup sehat dan olahraga cukup, tentunya ini akan meningkatkan beragam masalah kesehatan sehingga penting bagi kita untuk mengetahui berbagai cara sehat yang harus dilakukan ketika menggunakan komputer, agar dapat terhindar dari berbagai penyakit yang diakibatkan oleh screentime yang tinggi dan posisi duduk yang tidak sesuai.

Berikut tips agar tubuh tetap fit dan bugar meski duduk lama saat bekerja setiap harinya yang berhasil dirangkum oleh Ryan Noorfauzan dari development team dan disampaikan dalam Sharing session senin pagi di kantor Arkamaya.

01 LAKUKAN PEREGANGAN

Pastikan untuk melakukan peregangan tubuh. Disarankan agar kita melakukan peregangan setiap 10 menit sekali. Peregangan akan membuat sendi otot yang kaku bisa lemas kembali. Ini juga bisa menurunkan risiko nyeri atau kram karena duduk terlalu lama.

02 BERDIRI

Usahakan untuk berdiri selama beberapa waktu ketika bekerja. Berdiri ini bisa kita lakukan setiap 30 menit sekali. Tak perlu lama-lama, kita hanya perlu berdiri sedikitnya selama 1 menit. Kita juga bisa berjalan-jalan di sekitar tempat duduk.

03 LATIHAN KEBUGARAN

Tak ada salahnya untuk melakukan kebugaran di waktu senggang misalnya saat makan siang. Latihan kebugaran bisa membantu kita dapatkan tubuh yang lebih energik, pikiran lebih nyaman dan semangat lebih membara untuk bekerja.

Adapun 5 Tips Sehat saat Bekerja di Depan Komputer, menurut kemenkes adalah sebagai berikut :

  1. Berkedip. Berkedip secara berkala. Karena dengan demikian, mata akan kembali licin dan terhindar dari iritasi
  2. Atur Posisi Layar. Memposisikan layar sejauh 40 – 75 cm dari mata.
  3. Pencahayaan. Memastikan pencahayaan yang baik pada ruangan tempat kita beraktivitas menggunakan komputer.
  4. Posisi. Memposisikan tempat duduk senyaman mungkin dan beristirahat secara teratur, yaitu setiap 20 menit sekali.

Selain hal tersebut, hal lain yang perlu diperhatikan adalah pastikan memiliki pola makan sehat, miliki istirahat cukup, olahraga cukup dan hindari berbagai makanan siap saji. Tetap terapkan perilaku hidup sehat dengan makan makanan yang bergizi dan rutin melakukan peregangan atau aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, agar tubuh tetap sehat dan bugar untuk menjalani aktivitas harian.

Dengan mengetahui tips sehat untuk pekerja kantoran yang menggunakan komputer, diharapkan dapat meminimalisir berbagai potensi penyakit. Semoga informasi ini bermanfaat.

Referensi :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *