Aplikasi Custom HRIS PT Fajar Mas Murni

case-study-fmm

Permasalahan

PT Fajar Mas Murni membutuhkan aplikasi yang mampu menyimpan serta mengolah berbagai data yang berhubungan dengan Human Resources Department. Aplikasi yang dibutuhkan ingin menyertakan secara keseluruhan berbagai pekerjaan serta kegiatan yang menyangkut perekrutan, hingga operasional personalia umum seperti absensi serta penggajian.

Selain itu, PT Fajar Mas Murni juga memiliki beberapa kebutuhan unik yang harus dirancang khusus untuk mengikuti cara kerja serta kebijakan perusahaan. Oleh karena itu, menggunakan aplikasi yang sudah tersedia sangatlah tidak memungkinkan.

Solusi

Solusi yang dipilih adalah membangun aplikasi Human Resources Information System atau disingkat HRIS yang dikembangkan khusus untuk kebutuhan spesifik PT Fajar Mas Murni.  Hal ini mengingat PT Fajar Mas Murni (FMM) membutuhkan berbagai data serta perhitungan yang jauh lebih komprehensif dan unik jika dibandingkan dengan perusahaan lain pada umumnya. Oleh karena itu, fitur-fitur yang disematkan mendapatkan berbagai parameter dan perhitungan yang khusus dibuat sesuai dengan kebutuhan FMM.

Beberapa fitur unik yang dibutuhkan FMM meliputi penggajian yang detail mulai dari pengaturan gaji, SPT, master peraturan, master cola, pengajuan kenaikan gaji, THR, dsb. Salah satu fitur yang tersedia adalah fitur rekrutmen yang secara holistik mengatasi berbagai kebutuhan rekrutmen dari awal hingga akhir. Mulai dari pengelolaan rencana SDM secara umum, pendataan lowongan pekerjaan yang dibutuhkan, hingga pengaturan dan penilaian calon pegawai yang mendaftar.

Dampak

Saat suatu sistem dirancang khusus untuk suatu perusahaan, maka sistem yang mengikuti kebutuhan perusahaan, bukan sebaliknya. Hal ini tentunya akan berdampak besar bagi perusahaan karena tidak harus menyesuaikan kebutuhannya dengan aplikasi yang sudah ada. Bukan perusahaan yang harus mengikuti fitur yang ada lagi, namun justru fitur yang mengikuti cara kerja perusahaan untuk memaksimalkan kinerjanya.

Hal tersebut berdampak pada aplikasi yang benar-benar bersifat membantu dan tidak malah memberikan beban tambahan untuk mempelajari dan menyesuaikan penggunaan agar sesuai dengan cara kerja perusahaan. Layanan satu pintu untuk semua keperluan Human Resource Department memberikan kemudahan dalam melakukan berbagai kebutuhan HR secara umum dan menyeluruh. Perekrutan dapat dimulai, diakses, dan diselesaikan hanya dari beberapa sub menu dalam aplikasi yang sama.

Pengumpulan data untuk evaluasi berjalan jauh lebih maksimal dan lebih konkret. Hal tersebut karena parameter sebagai sumber evaluasi didapatkan secara menyeluruh. Sehingga seluruh analisis yang dibutuhkan departemen HR dapat dilakukan berdasarkan data lengkap yang selalu tersimpan dan tersaji di aplikasi HRIS yang dirancang khusus untuk FMM.

Apakah perusahaan anda membutuhkan aplikasi custom yang dirancang khusus untuk alur kerja spesifik yang hanya dimiliki oleh perusahaan Anda? Hubungi kami dan segera konsultasikan proses digitalisasi perusahaan Anda bersama kami.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *