5 Website dan Tools yang Bisa Membantu Pengembangan Aplikasi Web Kalian

Web Development merupakan dunia yang terus berkembang diiringi oleh perubahan yang terhitung cepat dan hampir tak ada hentinya. Sehingga dalam menggelutinya, seorang developer juga harus terus mengikuti berbagai perkembangan dan perubahan yang terjadi. Terkadang hal ini menjadi salah satu obstacle yang dapat menghambat pekerjaan.

Oleh karena itu, berbagai website dan tools yang dapat membantu urusan teknis Development akan sangat membantu menyelesaikan permasalahan di atas. Berikut adalah beberapa website dan tools yang bernilai guna tinggi untuk membantu Development website dan aplikasi berbasis web.

Devhints.io

Devhints.io adalah website penyedia cheat sheets atau petunjuk untuk suatu bahasa pemrograman, setting aplikasi server, dsb. Salah satu fitur powerfulnya adalah contoh kode dan berbagai parameternya untuk kebutuhan website seperti kumpulan javascript dan parameter API dari google analytics, hingga ke kode untuk merender component di react.js.

Bootstrap Cheat Sheet

Bootstrap cheat sheet yang dapat diakses dengan mengunjungi: creative-tim.com/cheatsheet/bootstrap4 merupakan website yang menyajikan informasi tag yang dibutuhkan untuk menggunakan berbagai komponen yang disediakan oleh Bootstrap. Website ini berisi tag lengkap dari mulai tipografi, form, card, hingga ke pembuatan kolom dan pengaturan responsifnya.

Cssreference.io

Cssreference.io adalah referensi terlengkap untuk semua property CSS yang ada. Setiap property dijelaskan dengan rinci dilengkapi contoh serta gambar untuk visualisasi. Contohnya, kita dapat menemukan penjelasan align-content yang merupakan salah satu property flex untuk mengatur penataan item childnya dibahas lengkap dari stretch, flex-start, flex-end, center, space-between, dsb.

Regex101.com

Regex101.com merupakan situs penyedia regex debugger dengan penjelasan real time, error detection dan highlight code. Regex101.com dapat mensupport beberapa bahasa pemrograman yang banyak digunakan seperti PHP, Java, Python, dan Golang.

Ngrok

Ngrok adalah aplikasi cross-platform yang memungkinkan local server ports anda dapat diakses dari luar/internet. Artinya, kita dapat mensimulasikan SSL atau HTTPS pada localhost untuk melakukan development project yang diharuskan menggunakan HTTPS. Ngrox hanya membutuhkan satu perintah saja untuk menyediakan URL instan dan aman ke server localhost Anda melalui NAT atau firewall apa pun yang ingin anda gunakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *