Web & Mobile Apps PD. Kebersihan Kota Bandung

study-case-pd-kebersihan-kota-bandung

Permasalahan

Kebersihan lingkungan adalah salah satu penunjang utama dari kesejahteraan suatu masyarakat, termasuk kota Bandung. PD. Kebersihan Kota Bandung adalah pihak yang selalu menjawab permasalahan tersebut dengan terus berkembang mencari solusi-solusi untuk menyelesaikannya dengan lebih baik.

Penanganan sampah di Kota Bandung terdiri atas penyapuan jalan, pengangkutan sampah ke TPA, dan pemilahan serta pengolahan sampah di sumber sampah maupun di Tempat Penampungan Sementara (TPS). Melaksanakannya bukanlah permasalahan mudah, apalagi petugas akan menyebar ke berbagai wilayah kota Bandung.

Salah satu permasalahan yang paling sulit untuk dihadang adalah sulitnya untuk melakukan evaluasi masing-masing area kerja yang menyebar di seluruh penjuru Bandung. Evaluasi tentunya dibutuhkan agar PD. Kebersihan Kota Bandung dapat memastikan bahwa petugas hadir tepat waktu dan melaksanakan tugasnya mulai dari penyapuan jalan hingga pemilahan dan pengolahan sampah di tempat yang seharusnya.

Solusi

Personalia yang dicustom spesifik untuk kebutuhan PD. Kebersihan Kota Bandung adalah solusi yang dihadirkan untuk menjawab permasalahan ini. Melalui fitur sistem absensi mobile, PD. Kebersihan Kota Bandung dapat menentukan banyak geolocation area kerja lalu menghubungkannya pada seluruh petugas yang berkaitan dengan area kerja tersebut.

Dengan begitu, seluruh pegawai dapat melakukan absensi secara online dan sistem mampu mencocokan lokasi pegawai dengan area kerjanya masing-masing dengan memanfaatkan geolocation dan modul GPS pada gawai-nya sendiri. Sehingga sistem akan mendeteksi jika seseorang absen tidak sesuai dengan area kerjanya. Sebagai bukti tambahan, aplikasi Mobile yang dirancang untuk PD. Kebersihan Kota Bandung juga dilengkapi fitur untuk mengambil swafoto sebagai bukti bahwa masing-masing petugaslah yang melakukan presensi atau absensi online.

Selain itu, sistem informasi berbasis web dan Mobile apps ini juga merupakan solusi satu pintu untuk manajemen personalia. Database pegawai, penggajian, kalender kerja, pengajuan cuti, dan fitur-fitur aplikasi HRM atau personalia lainnya sudah terintegrasi dan selalu dapat dikombinasikan dengan fitur utama absensi Mobile yang merupakan solusi utama dari kebutuhan atau permasalahan PD. Kebersihan Kota Bandung.

Dampak

Pengumpulan data untuk evaluasi berjalan jauh lebih maksimal dan lebih konkret. Hal tersebut karena data sumber evaluasi didapatkan langsung dari lapangan, yakni geolocation yang tercantum pada saat pegawai melakukan presensi di area kerja masing-masing. Swafoto pegawai pada saat melakukan absen juga memberikan visibilitas tinggi bahwa pegawai sedang benar-benar berada di sana. Waktu dan tanggal presensi juga tercatat, sehingga dapat digunakan untuk menganalisis angka ketepatan waktu pegawai di area kerjanya masing-masing.

Client

Client Name : PD. Kebersihan Kota Bandung

Client Product : Customized & Self Hosted Personalia

Apakah perusahaan anda memiliki requirements khusus yang berbeda dengan perusahaan lain? Segera hubungi kami untuk mendiskusikan atau sekedar berkonsultasi terlebih dahulu di: 0818-0215-2157 (Farid).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *