Smart Fix – Progressive Web Application

studi-kasus-smartfix-arkamaya

Permasalahan

Seiring berjalannya waktu, mesin industri menjadi beragam, kompleks dan lebih sulit untuk diperbaiki. Sementara itu, konsumen juga terus menuntut kualitas tinggi dan waktu henti yang minimal. Artinya, percepatan di segala sektor industri tersebut menimbulkan kebutuhan baru akan solusi yang mampu meminimalisir kesulitan dan waktu pengerjaan dalam melakukan reparasi dan perawatan.

Solusi

Aplikasi Smartfix dibuat sebagai solusi dari permasalahan perbaikan mesin industri yang semakin beragam, kompleks, dan lebih sulit untuk diperbaiki. Solusi tersebut diberikan melalui fitur-fitur aplikasinya yang meliputi:

  1. Database mesin, dan berbagai tipe/varian, serta parts atau salah satu komponen mesin.
  2. Penyimpanan dan pengunduhan buku manual dari masing-masing mesin.
  3. Langkah-langkah perbaikan sesuai dengan tipe dan varian berbagai mesin yang dibuat oleh para mekanik berdasarkan pengalaman mereka di lapangan dan buku manual.
  4. Sosial media bagi para mekanik untuk mendiskusikan berbagai langkah perbaikan dan aktivitas lain di industri perbaikan mesin.

Smartfix adalah aplikasi berbasis cloud yang dapat diakses kapan pun di mana pun melalui alamat domainnya. Selain itu, pengguna juga dapat menginstall aplikasi pada perangkat smartphone, tablet, maupun desktop dan mengaksesnya secara offline tanpa terhubung ke internet. Hal itu memungkinkan karena Smartfix berbasis PWA atau progressive web application yang merupakan aplikasi berbasis web namun memiliki performa dan kenyamanan menyimpan data secara lokal layaknya  native mobile app.

Dampak

Pengerjaan perbaikan dapat dilakukan dengan lebih cepat tanpa down timeyang terlalu signifikan. Hal itu dikarenakan database mesin, parts, dan varian-variannya lengkap dengan buku manual yang dapat diakses dan diunduh dengan cepat dari aplikasi membantu secara langsung para mekanik yang melakukan perbaikan.

Berbagai kesulitan yang dihadapi tidak memakan waktu yang lama karena dimungkinkan sudah terdapat langkah-langkah perbaikan yang telah dibuat oleh mekanik lain yang telah mengalaminya. Seiring digunakannya aplikasi, list langkah-langkah perbaikan juga akan terus bertambah karena setiap mekanik dapat menyimpan dan membagikannya di aplikasi untuk digunakan kembali di kemudian hari saat menghadapi permasalahan yang sama.

Unsur sosial para mekanik juga berubah ke tahap positif dalam aplikasi Smartfix. Para mekanik dapat saling bertukar informasi, dan bertanya langsung kepada seseorang yang telah mengalami permasalahan yang sama melalui fitur aplikasi.

Client

Client Name : BlueSquid B.V.
https://bluesquid.nl

Client Product : Smartfix – Improve & Predict Service
https://smartfixrepairs.nl

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *