Mohamad Yusuf Supriatna: “Jangan Lupa Googling dan Terus Ngegas” #Meet-A-Team

mohamad-yusuf-supriatna

Googling atau melakukan pencarian melalui mesin pencari (google) adalah bentuk paling kontemporer dari studi pustaka. Dahulu, studi pustaka hanya dapat dilakukan melalui membaca buku. Kini, meskipun relevansi buku masih sangat kuat karena berbagai alasan, namun googling menjadi salah satu pilihan yang cukup kuat dalam riset. Terutama dalam riset dan pencarian hal teknis di bidang teknologi informasi (IT).

Riset adalah salah satu skill set yang harus dimiliki oleh seorang programmer. Bahasa pemrograman adalah sesuatu yang terus berubah dan berkembang sepanjang masa. Oleh karena itu, belajar melalui pencarian ulang atau riset adalah hal yang akan terus dilakukan dalam menjalani profesi ini.

Mang Ucup (sapaan hangat kolega Arkamaya) atau Mohamad Yusuf Supriatna memahami hal itu dengan baik. Hal ini tercermin dari motto jenakanya, yaitu “jangan lupa googling dan terus ngegas” yang seakan menjadi ungkapan implisit untuk mengingatkan kepada seluruh rekan seprofesinya agar tidak melupakan riset sebagai salah satu lalapan sehari-hari di dunia IT.

Meskipun kini Mang Ucup sudah menjadi System Analyst yang lebih fokus terhadap analisa bisnis, kebutuhan teknis, serta alur fungsional sistem, coding tetap menjadi jalan ninjanya. Ibarat napak tilas dalam pendakian, gaya Mang Ucup dalam memimpin lebih tertuang pada survei langsung dan membukakan hutan (jalan) bagi timnya.

Dalam merancang dan memastikan kebutuhan aplikasi yang dibangun terpenuhi, Ucup biasanya langsung memilih untuk membuat gambaran sederhana saja, namun melengkapinya dengan berbagai dasar-dasar sistem fundamental yang nantinya akan dibutuhkan oleh tim programmernya.

Membuat dokumen kebutuhan minimum sistem, diagram alir, apalagi skenario penggunaan aplikasi mungkin bukan hal favoritnya, namun ia tetap mampu menyelesaikannya melalui caranya sendiri. Cara yang lebih sederhana namun tetap menjelaskan inti permasalahan dan memuat bantuan teknis secara langsung terhadap koleganya di “lapangan”.

Alasannya sederhana, asumsi dan spekulasi adalah hal yang tidak disukainya. Hal ini juga tercermin dari slogannya yang menyatakan “…terus ngegas”. Bekerja langsung ke poin utama dan ikut mengotori tangannya di lapangan adalah salah satu etos kuatnya dalam menyelesaikan suatu proyek.

Di luar bahwa frase itu juga sebetulnya mewakili hobinya sebagai bikers. Di sela-sela kesibukannya menjadi System Analyst di Arkamaya, Yusuf hampir tak pernah melewatkan trek touring favoritnya ke Ciwidey di akhir pekan.

Mang Ucup (Mohamad Yusuf Supriatna), one of a kind and proud oldest member of Arkamaya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *