5 Tools Sederhana yang Memudahkan Pekerjaanmu saat WFH

5-Tools-Sederhana-yang-Memudahkan-Pekerjaanmu-saat-WFH

Work from home atau WFH tentunya memberikan berbagai dinamika yang berbeda pada pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari. Berbagai fasilitas kantor tidak dapat kita gunakan dan aktivitas serba daring meningkat, sehingga menimbulkan berbagai masalah kecil yang jika dibiarkan akan menghambat produktivitas. Apalagi jika jenis pekerjaan sebetulnya mudah untuk diselesaikan namun memberikan kecanggungan karena tidak biasa dilakukan.

Menghadapi hal tersebut, sebetulnya kita dapat menggunakan berbagai aplikasi dan tools sederhana untuk mengatasinya. Keadaan yang berbeda seperti WFH tentunya akan membutuhkan tools yang berbeda pula. Mengubah tools juga akan mengubah bagaimana kita bekerja; menjadi lebih produktif.

We change our tools and then our tools change us.

Jeff Bezos

Oleh karena itu, berikut adalah himpunan 5 aplikasi ringan dan sederhana yang dapat membantu memudahkan pekerjaan kita saat WFH.

Google Keep

Apa yang menjadi istimewa dari Google Keep adalah kita dapat menulis berbagai catatan yang dapat disinkronisasikan pada beberapa jenis app. Artinya, catatan yang kita buat tidak hanya disimpan di salah satu aplikasi saja, namun tersimpan di cloud server google dan dapat dibuka di app versi desktop (laptop), smartphone, bahkan online melalui web gmail.

Ya, dalam keadaan WFH kita selalu ingin menulis berbagai catatan kapanpun di manapun dan dapat mengaksesnya melalui gawai apa saja, tanpa harus menggunakan workstation yang biasa kita pakai di kantor. Google Keep memastikan kita dapat mengakses berbagai catatan itu kapan pun di manapun.

Checker Plus for Google Drive

Checker Plus for Google Drive adalah Add-ons atau aplikasi kecil tambahan yang dapat ditambahkan pada Google Chrome. Seperti namanya, Checker Plus ini diperuntukkan agar kita dapat mengakses google Drive secara lebih mudah dan ringkas lewat Google Chrome.

File sharing menjadi hal krusial yang sering dilakukan dalam keadaan Works from Home, dan google Drive sebagai salah satu layanan file sharing yang paling banyak digunakan menjadi tumpuannya. Mampu mengakses google Drive dengan lebih jelas tentunya akan menambah produktivitas kita di kala pandemi.

Dengan Checker Plus for Google Drive, kita dapat menlajahi file Google Drive dengan cepat tanpa membuka halaman web, bahkan kita bisa mendapatkan pemberitahuan (notifikasi) tentang modifikasi pada dokumen yang sedang anda dan tim kerjakan.

LightShot

Screenshot adalah hal kecil yang sering dianggap remeh dan sering dilakukan menggunakan tools seadanya. Cukup tekan tombol printscreen dan paste di ms paint atau bahkan langsung pada aplikasi pesan. Padahal screenshot dapat menjadi kunci utama dalam komunikasi saat kita sedang bekerja di tempat yang berbeda.

Setidaknya, crop sesuai dengan hal yang ingin diperlihatkan saja pada screenshot yang kita ambil. Lebih baik lagi jika kita memerikan konteks tambahan berupa marka penunjuk atau label teks. LightShot adalah aplikasi ringan yang powerful untuk menjawab kebutuhan semacam itu.

Fitur-fitur dari Lighshot meliputi:

  1. Menangkap screenshot dengan cepat dari area yang dipilih,
    Lightshot memungkinkan Anda untuk memilih area mana pun di desktop dan mengambil tangkapan layarnya dengan 2 klik saja.
  2. Aplikasi yang mudah digunakan,
    Antarmuka pengguna yang sederhana dan intuitif membuat pekerjaan menangkap layar lebih mudah dan lebih cepat.
  3. Editor Powerful,
    Kita dapat mengedit tangkapan layar secara instan saat mengambilnya atau belakangan menggunakan editor online yang ringan namun powerful.
  4. Bagikan tangkapan layar melalui Internet,
    Unggah screenshot tangkapan layar Anda ke server dan dapatkan link untuk dibagikan pada rekan Anda.
  5. Multi Platform,
    Lightshot tersedia untuk Windows / Mac, bahkan terdapat versi add-ons browser Chrome, Firefox, Edge, dan Opera.

Screenshot – Full Page Screen Capture

Terkadang screenshot yang kita butuhkan bukan harus dicrop, tapi justru harus mampu melintasi batas scroll aplikasi. Contohnya, konten website tentunya akan menyita banyak space vertikal, dan screenshot biasa tidak mampu menjamahnya.

Hal itu dapat diatasi dengan menggunakan aplikasi kecil tambahan ini, yakni Chrome add-ons: Screenshot – Full Page Screen Capture yang mampu menangkap layar yang tingginya melebihi batas tinggi monitor kita.

Just Color Picker (Portable)

Terkadang apa yang kita butuhkan hanyalah untuk mengambil kode warna pada elemen tertentu yang ada di desktop. Namun untuk melakukan itu saja kita harus meload aplikasi yang berat seperti photoshop atau adobe illustrator. Just Color Picker, meskipun terdengar remeh dapat menjadi solusinya.

Aplikasi ini juga dapat diset agar bertahan berada di layer paling atas, sehingga sangat reliable untuk mengambil kode warna dalam keadaan apapun, termasuk mode fullscreen.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *